Jelang GEA Fair STKIP BBG, Siswa Banda Aceh dan Aceh Besar Ikut Technical Meeting

25 September 2019 | BBG News

BANDA ACEH, BBG NEWS–Jelang acara GEA Fair yang akan dilaksanakan pada 1-3 Oktober 2019,  mahasiswa Prodi Bahasa Inggris STKIP BBG mengadakan Technical Meeting untuk siswa  se- Banda Aceh dan Aceh Besar yang akan mengikut lomba.  Kegiatan ini merupakan bagian dari  pengabdian masyarakat mahasiswa penerima beasiswa dan juga sebagai ajang untuk mempromosikan kampus. Pada acara Technical Meeting tersebut yang menjadi Moderator adalah Misna Aura dari Prodi Bahasa Inggris semester 5. Beliau memanggil satu persatu mahasiswa dari masing-masing PJ bidang untuk menjelaskan petunjuk teknis  acara pada bidang masing-masing. Berikut aneka kegiatan pada acara GEA Fair.

Pertama adalah Speech, yang dijelaskan oleh Julian dari Prodi Bahasa Inggris semester III. Julian menjelaskan bahwa lomba Speech akan diadakan pada hari Selasa, 1 Oktober 2019 pukul 09:00-12:00 WIB dan akan dilanjutkan pada pukul 14:00-16:00 WIB dengan jumlah peserta sebanyak 16 orang yang masing-masing peserta memiliki waktu berbicara sebanyak 7 menit dan 30 detik sisanya sebagai bonus. Yang akan dinilai pada lomba Speech ini antara lain: relevansi, argumentasi, koherensi, dan diksi (termasuk performance).

Kedua ada Rank 1 yang dijelaskan oleh Huriyaty Dhuhaisna dari Prodi Bahasa Inggris semester VII. Beliau menjelaskan bahwa lomba Rank 1 akan dilaksanakan pada hari Rabu, 2 Oktober 2019 pada pukul 09:00 WIB sampai selesai. Dalam lomba ini terbagi menjadi 3 babak yang pertama lomba akan diikuti oleh semua peserta dan pada babak kedua hanya setengah dari jumlah peserta awal yang ikut, semestara pada babak ketiga juri hanya akan memilih 5 peserta. Jenis soal yang akan ditanyakan adalah true or false dan WH question dengan waktu menjawab selama 15 detik.

Ketiga adalah News Reading dengan pembicara Khadijah dari Prodi Bahasa Inggris semester VII. Beliau menjelaskan bahwa lomba ini akan dilaksanakan pada hari Rabu 2 Oktober 2019 pada pukul 09:00-12:00 WIB dan akan dilanjutkan pada pukul 14:00-16:00 WIB. Lomba ini akan dilaksanakan di Aula Lama. Yang akan dinilai pada lomba ini adalah fluency sebanyak 35 poin, pronounciation sebanyak 35 poin, dan performance sebanyak 30 poin.

Keempat adalah Singing yang dijelaskan oleh Aravit Waruw M dari Prodi Bahasa Inggris semester V. Lomba ini akan dilaksanakan pada hari Selasa, 1 Oktober 2019 pada pukul 09:00-12:00 WIB dan akan dilanjutkan pada pukul 14:00-16:00 WIB. Yang akan dinilai pada lomba ini adalah pronounciation sebanyak 15%, pitch sebanyak 25%, penguasaan lagu sebanyak 25%, penjiwaan sebanyak 15%, dan performance sebanyak 15%.

Kelima adalah Scrabble yang dijelaskan oleh Misna Aura dari Prodi Bahasa Inggris semester V. Lomba ini akan dilaksanakan pada hari Selasa, 1 Oktober 2019 pada pukul 09:00-12:00 WIB dan akan dilanjutkan pada pukul 14:00-16:00 WIB (jika waktunya kurang). Lomba ini akan diadakan di Lobi STKIP BBG tercinta.

Terakhir adalah Debate yang dijelaskan oleh Defi Irmayanti dari Prodi Bahasa Inggris semester VII. Beliau menjelaskan bahwa bentuk yang akan dipakai dalam Debate ini adalah Asian Parliamenter. Lomba ini akan dilaksanakan pada hari Selasa, 1 Oktober 2019 dan babak finalnya akan dilanjutkan pada hari Rabu, 2 Oktober 2019. Untuk Debate Hall akan bertempat di E1 dan untuk chambernya akan bertempat di D1, D2, D3, D4, D5, D6, dan E2 dengan jumlah prelim sebanyak 5 prelim. Setiap pembicara akan diizinkan berbicara selama 7 menit 20 detik jika melewati waktu yang telah ditentukan, maka juri tidak akan mendengar argument nya lagi dan untuk POI pembicara hanya diizinkan berbicara selama 15 detik. Yang akan dinilai pada lomba ini adalah manner sebanyak 40 poin, matter sebanyak 40 poin, dan Method sebanyak 20 poin.

Misna Aura, Ketua Pelaksana menyatakan bahwa  persiapan acara ini sudah berlangsung selama dua bulan. Tantangannya adalah membangun kekompakan dan kerja sama yang kuat supaya apa yang diinginkan tercapai. Tantangan lainnya adalah mencari para sponsor.  “Di sisi lain  kami juga harus mencari cara merekrut  banyak peserta karena GEA Fair ini baru pertama kali diadakan di STKIP BBG. Jadi promosi dan sosialisasi kian ditingkatkan. Alhamdulillah kegiatan ini berjalan lancar,”ujarnya.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa