Iskandar Syahputra: Sekarang Eranya Literasi Digital

7 November 2019 | BBG News

PDF version

“Salah salah satu aspek literasi adalah membaca. Jadi, membaca sangat perlu kita lakukan setiap saat. Membaca juga tidak lepas dari literasi digital. Sebuah literasi yang menjadi idaman anak muda sekarang yang tidak bisa dilepaskan dari dunia digital. Banyak sekali informasi yang kita dapatkan dari android,”ujar Iskandar Syahputra, S.Ag, M.Pd. (Peneliti Balai Bahasa Provinsi Aceh) saat menjadi pemateri Seminar Bahasa Indonesia. Kegiatan berlangsung di aula kampus setempat, Kamis (7/11/2019).

Selain literasi, Iskandar juga menyinggung tentang  bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan, yang menyatukan kita di berbagai daerah di indonesia. Jarang sekali orang memilih jurusan Bahasa Indonesia karena mempelajari bahasa indonesia itu, susah, ribet. Padahal kalau kita memahami dengan baik mempelajari Bahasa Indonesia sangat mudah bahkan menyenangkan. Satu lagi, kita harus  menyesuaikan bahasa dengan budaya. Jadi budaya indonesia itu di gambarkan dari budaya yang ada dan daerah yg ada di indonesia jadi budaya bangsa indonesia itu diperkaya oleh kumpulan budaya-budaya yang ada di Indonesia.

Seminar Bahasa merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Gebyar Bulan Bahasa yang diselenggarakan oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia STKIP BBG. Selain seminar, kegiatan yang mengusung tema “Literasi dan Budaya Bangsa” juga mengadakan lomba menyanyi, bedah buku, peusijuk mahasiswa baru Pendidikan Bahasa Indonesia BBG. Kegiatan berlangsung dua hari, 6-7 November 2019.

Laporan: Ainil Mardhiyah

 

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa