Ini Tips Supaya Artikel Ilmiah Tembus Jurnal Internasional

26 April 2019 | BBG News

PDF version

BANDA ACEH, BBG NEWS–Dosen di lingkungan kampus STKIP BBG mengikuti kegiatan Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Jurnal Internasional. Kegiatan berlangsung di aula kampus setempat, Jumat (26/4/2019). Pemateri kegiatan tersebut adalah Faizar, M.Sc., dan Nurul Islami, M.Sc. Intan Kemala Sari, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM) menyatakan bahwa tujuan kegiatan ini supaya banyak karya ilmiah  dosen STKIP BBG yang tembus publikasi jurnal internasional.

“Pelatihan ini diadakan karena memang kebutuhan dosen untuk publikasi artikel ilmiah pada jurnal internasional. Publikasi artikel ilmiah tersebut selain untuk luaran penelitian dosen, juga menjadi syarat kenaikan pangkat jabatan fungsional dan persiapan dosen untuk jenjang pendidikan S3. Besar harapan kami kepada pemateri untuk membantu bapak/ibu dosen STKIP BBG supaya tembus publikasi jurnal internasional,”ujarnya.

Kegiatan dibuka oleh Ketua STKIP BBG Lili Kasmini, M.Si. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan terima kasih kepada pemateri yang telah menyisihkan waktunya untuk berbagi ilmu untuk dosen STKIP BBG. Beliau menyatakan bahwa sudah sangat banyak prestasi pemateri dalam bidang publikasi ilmiah internasional sehingga kehadirannya di kampus bisa memotivasi dan meningkatkan kemampuan menulis ilmiah dosen untuk publikasi internasional.

Faizar, M.Sc., sang pemateri menyatakan bahwa dalam menulis karya ilmiah untuk publikasi jurnal internasional harus memperhatikan hal yang dinilai editor dan review. Penilaian editor yakni isi tulisan harus singkat jelas dan judulnya juga harus sesuai, abstrak yang baik.,  metodologi dan desain juga baik, kesimpulan yang jelas dan ringkas, dan  juga harus mengikuti instruksi editor. Penilaian review yakni metodologi dan desain yang baik, tabel dan gambar yang jelas, logis, ringkas, berimbang, dan statistik yang sesuai.

 Faizal juga memberikan trik menghasilkan manuskrip  supaya artikel ilmiah tembus publikasi internasional. Kiat tersebut di antaranya mendeskripsikan metode riset ke dalam manuskrip,  menjelaskan hasil analisis, mencari referensi yang berkaitan dengan hasil riset, menuliskan introduksi dan literature reviewer, dan membuat kesimpulan berdasarkan hasil riset.

“Terima kasih atas partisipasi dosen. Terima kasih kepada pemateri yang telah membagikan ilmunya. Ini masih pelatihan tahap pertama. Rencanaya kegiatan ini akan terus berlanjut. Tentu saja ketika semua dosen sudah mulai membuat ancang-ancang manuskrip dan pada kegiatan selanjutnya kita akan mendiskusikan manuskrip tersebut,”ujar Rita Novita, M.Pd., Wakil Ketua I STKIP BBG saat menutup pelatihan.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa