Ini Tips Menumbuhkan Pola Pikir Kritis bagi Anak AUD

28 Juli 2020 | BBG News

PDF version

“Pembelajaran yang dilakukan di TK masih menuntut anak hanya mendengarkan dan menerima informasi tanpa melalui kegiatan mengamati, menganalisis, menyimpulkan kegiatan yang mereka lakukan. Sehingga kemampuan berpikir kritis anak kurang terasah,”ujar Mutmainnah, M.Pd.(Dosen PG PAUD STKIP BBG) saat menjadi pemateri Webinar Pendidik AUD. Kegiatan yang bertema,”Pendampingan Menyusun Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 Dalam Menumbuhkan Kemampuan Critical Thinking berlangsung pada Senin (27/7/2020).

Sang pemateri juga menyampaikan tips tentang cara menumbuhkan pola berpikir kritis pada anak sejak usia dini yakni mengajarkan anak untuk mengamati suatu benda dan menarik kesimpulan berdasarkan pengamatannya, ajak anak untuk membandingkan dua objek yang berbeda dan kontras, mendiskusikan dan menganalisis cerita, dan mintalah anak untuk melanjutkan cerita.

Kegiatan webinar pendampingan pendidik AUD berlangsung sejak Rabu, (22 Juli 2020). Selain Mutmainnah, masih ada pemateri lainnya yakni Riza Oktariana, M.Pd. dan Yusra, M.Pd.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa