Ini Pemenang Mini Kontes Debat Bahasa Inggris STKIP BBG

24 Januari 2018 | BBG News

PDF version

BANDA ACEH, BBG NEWS—Insightful Debaters Society (Insiders) merupakan komunitas debat bahasa Inggris STKIP BBG Banda Aceh, yang setiap tahunnya mengadakan mini kontes/seleksi internal di kampus setempat. Mini kontes tersebut bertujuan untuk menyeleksi kandidat debat untuk mengikuti National University Debate Competition (NUDC) baik tingkat daerah, maupun tingkat nasional.  Kegiatan yang bertema When The Debate is Lost, Slander Becomes The Tool of Yhelooser Socretes (Ketika Debat Hilang, Fitnah Menjadi Alat bagi Pecundang) berlangsung di Plenary Hall kampus setempat, Selasa (23/1).

Ada 11 tim yang berpartisipasi yakni 10 tim dari Prodi bahasa Inggris dan 1 tim dari prodi Matematika. Kesebelas tim tersebut dibagi kedalam 3 chamber untuk prelim pertama dan kedua. Setiap chamber terdiri dari 4 tim yang menempati posisi yang berbeda-beda. Posisi tersebut ialah, Opening Government (tim pembuka diposisi pro), Opening Opposition (tim pembuka diposisi kontra), Closing Government (tim penutup diposisi pro) dan Closing Opposition (tim penutup diposisi kontra). Pada chamber pertama, setiap peserta ditempatkan bersama dengan partner yang dipilih sendiri saat pendaftaran dalam satu tim. Namun di prelim kedua, setiap peserta dipencar dan bergabung dengan peserta lain dalam satu tim. Pemencaran ini dilakukan berdasarkan dengan skor awal saat di prelim pertama. Prelim ketiga merupakan babak final dari kontes. Peserta yang masuk kebabak final merupakan peserta yang masuk kedalam kategori 8 besar skor tertinggi.

Pemenangnya lomba tersebut yakni Juara I Mahdalena (Prodi Pendidikan Bahasa Inggris), Juara II Hairil (Prodi Pendidikan  Bahasa Inggris), dan Juara III Sarti Wahyuni (Prodi Pendidikan Bahasa Inggris). Ketiga pemenang tersebut akan mengikuti latihan intensif untuk persiapan mengikuti NUDC 2018, baik di tingkat daerah, maupun di tingkat nasional.

Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Rosdiana, M.Pd. menyatakan bahwa acara ini akan terus kita laksanakan tiap tahun melihat antusiasme mahasiswa baik Prodi PBI maupun Prodi-Prodi lainnya setiap tahun terus meningkat.

“Kita harapkan seleksi ini bisa menyaring talenta baru yang nantinya bisa membawa nama baik BBG ke ajang nasional,”ujar Mulyadi, pelatih NUDC STKIP BBG.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa