Harmoni Indonesia, Wujud Kecintaan Terhadap Tanah Air

6 Agustus 2018 | BBG News

PDF version
Perhelatan Harmoni Indonesia yang berlangsung di Lapangan Tugu, Darussalam, Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Minggu pagi, 5 Agustus 2018, berjalan sukses dan meriah. Kegiatan ini diikuti oleh ratusan mahasiswa perguruan tinggi negeri dan swasta di Aceh, instansi pemerintah, siswa sekolah, serta kepolisian Polda Aceh. STKIP BBG juga ikut ambil bagian dalam kegiatan ini. Ketua rombongan dari STKIP BBG Wahidah Nasution menyatakan bahwa keikusertaan mahasiswa STKIP BBG pada harmoni adalaah sebagai wujud kecintaan terhadap tanah air.
Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., mengatakan Harmoni Indonesia di Unsyiah ini merupakan bagian dari kegiatan pemerintah pusat yang juga berlangsung di waktu bersamaan di Gelora bung Bung Karno. Kegiatan ini untuk menyambut HUT RI ke-73, serta memeriahkan Asian Games yang akan berlangsung pada pertengahan Agustus nanti.
“Harmoni ini tertulis rapi di kaki burung Garuda, yaitu Bhinneka Tunggal Ika, bahwa meskipun kita berbeda, kita tetap satu, yaitu Indonesia,” ujarnya. Kegiatan Harmoni Indonesia juga berlangsung di 33 provinsi di seluruh Indonesia yang setiap provinsinya diwakili satu perguruan tinggi sebagai titik kumpul. Namun, hanya 10 perguruan tinggi terpilih yang terhubung langsung (live streaming) dengan Presiden RI, Jokowi, di Gelora Bung Karno, salah satunya adalah Universitas Syiah Kuala.
Kegiatan ini turut dihadiri para sivitas akademika Unsyiah, dosen, forkopimda, instansi pemerintah, siswa sekolah, serta mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Aceh, seperti Univeristas Samudera, Universitas Serambi Mekkah, ISBI Aceh, BP2IP Malahayati, dan lain-lain. Tema Harmoni Indonesia kali ini yakni “Mari menyanyi bersama menyemangati asia games 2018 dan memperkokoh persatuan NKRI”

Laporan: Rijal Setiawan 

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa