Hairil, Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris UBBG Lolos Program Pejuang Muda Kemensos RI

12 Oktober 2021 | BBG News

PDF version

BANDA ACEH, BBG NEWS–Hairil, Mahasiswa PBI UBBG, terpilih menjadi salah satu peserta program Pejuang Muda yang diadakan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia. Program ini bertujuan untuk mencari mahasiswa pilihan dari berbagai wilayah di Indonesia yang memiliki potensi dan jiwa sosial untuk memberikan kontribusi dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat melalui pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki.

Ada lebih dari 11 ribu pendaftar pada ajang tersebut sementara peserta yang terpilih pada program tersebut hanya sekitar 4 ribu mahasiswa saja. Hal ini mengindikasikan bahwa Hairil berhasil mengalahkan lebih dari 7 ribu pendaftar lainnya.

Sebelum dinyatakan lolos, Hairil melewati dua tahap seleksi, yaitu seleksi administrasi dan seleksi kualitatif. Seleksi administrasi berupa seleksi CV, Essay, IPK, dan sebagainya. Sementara itu, seleksi kualitatif berupa seleksi yang mencakup skill analisa, leadership, problem solving, public speaking dan kekompakan.

Pada dua tahap seleksi tersebut Hairil merasa optimis karena telah memiliki kriteria yang dicari pada ajang tersebut. Skill yang ia maksud pun tak lain adalah skill debat yang selama ini ia asah dalam UKM Debat UBBG atau yang kerap disebut Insiders. Apalagi saat seleksi kualitatif, ia benar-benar memanfaatkan skill debat yang ia miliki dengan secara aktif tampil dan berkontribusi pada saat itu, ia banyak memberikan ide, berbicara, serta menuntun timnya saat diskusi berlangsung. Hal inilah yang mungkin menjadi nilai plus baginya di mata para panel/observer saat itu.

Sri Wahyuni, M.Pd dan Mulyadi Syahputra, M.Pd. yang juga turut membimbing Hairil hingga sampai pada titik ini mengaku bangga atas pencapaian anak didik mereka. Sri Wahyuni, M.Pd yang juga merupakan KProdi Bahasa Inggris kembali mengucapkan selamat ke pada anak didiknya tersebut

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa