Hadapi Persaingan Global, Generasi Milenial Harus Optimis

10 April 2018 | BBG News

PDF version

JAKARTA – Ketua Dewan Nasional Pergerakan Indonesia Maju (PIM) Din Syamsuddin mengingatkan betapa besarnya potensi yang dimiliki bangsa Indonesia. Tak hanya di sektor sumber daya alam, Din mengatakan Indonesia juga memiliki potensi besar pada sektor sumber daya manusia.

“Banyak anak bangsa jadi juara dunia di berbagai sektor. Ada olah raga, matematika, sains. Kita punya potensi. Sekarang tinggal nilai yang mendorong itu direvitalisasi,” kata Din dalam sarasehan PIM bertema Indonesia Menjadi Negara Berhasil di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (5/4/2018).

Din membeberkan kiat-kiat mengelola potensi yang dimiliki Indonesia tersebut. Pertama, memulainya dengan optimisme dan usaha yang sistematis. Din mengatakan, membangkitkan potensi bangsa ini harus dilakukan dengan bersungguh-sungguh.

Kedua, upaya yang bersungguh-sungguh itu, lanjut Din, juga harus didukung oleh lembaga negara, lembaga sosial dan politik. “Menggali potensi seseorang jangan hanya mengandalkan kemampuan diri sendiri, tapi harus didukung secara sistemik,” kata Din.

Sebagai langkah pamungkas dari uapaya menggali potensi itu, Din mengatakan segala upaya diakhiri dengan doa. “Di tengah persaingan global ini, kita perlu tumbuhkan optimisme para generasi milenial. Untuk itu perlu kerja keras, percaya diri, dan tidak meninggalkan doa,” ucap Din.

Sumber: https://nasional.sindonews.com/read/1295540/15/hadapi-persaingan-global-generasi-milenial-harus-optimis-1522938764

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa