Guru Besar Unimed Menjadi Pemateri Seminar Nasional PAUD dan PGSD STKIP BBG

26 Mei 2016 | BBG News

PDF version

BANDA ACEH, BBG NEWS—Prof. Dr. Sri Mayety, MS. Kons (Guru Besar Universitas Negeri Medan) menjadi pemateri  Seminar Nasional Prodi Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP BBG. Kegiatan yang bertema “Pengembangan Potensi Diri Menjadi Pribadi Pendidik yang Berkualitas, Profesional, dan Berkarakter,” berlangsung di Aula STKIP BBG, Kamis (26/5).

Lili Kasmini, M.Si., dalam sambutannya berharap melalui kegiatan ini mahasiswa sebagai calon guru mempunyai pengetahuan dan wawasan tentang pengembangan potensi diri dan cara membentuk karakter anak usia dini secara profesional. “Menjadi guru anaka usia dini merupakan tugas mulia karena  pembentukan karakter anak usia dini akan berpengaruh terhadap perilaku  anak di masa depan,” ujarnya.

Prof. Dr. Sri Mayety, MS. Kons menyatakan bahwa pembentukan karakter anak usia dini sangat penting dilakukan oleh guru-guru PAUD. Guru sekolah dasar harus mampu mengatasi masalah sang anak dengan bijak. Sebenarnya tidak ada anak yang salah tetapi yang ada adalah anak yang bermalah. “Ada empat hal yang harus diperhatikan seorang pendidik profesional dan berkarakter yakni paham tentang kebenaran, paham tentang teori perkembangan anak serta teori pembelajaran, dan dapat menerapkan teori pada saat mendidik dan mengajar,” ujarnya.

Peserta yang terdiri dari mahasiswa STKIP BBG dan guru PAUD Banda Aceh sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut karena sang pemateri tidak hanya menyampaikan materi tetapi juga melakukan permainan (game) dan senam otak.

Fatimah Haji, salah seorang peserta menyatakan sangat berkesan dengan  kegiatan seminar tersebut. “Penyampaiannya menarik dan asyik. Kami mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru tentang pembentukan karakter anak usia dini,”ujarnya.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa