Gelar Kuliah Umum, Prodi PBSID Hadirkan Dosen USU

18 Maret 2015 | BBG News

PDF version

Banda Aceh, BBG NEWS – Prodi PBSID menggelar kegiatan kuliah umum dengan tema “Culture Study” untuk pertama kalinya di Aula lantai III, Selasa (17/3) siang. Kegiatan yang berlangsung selama 2 jam ini mengundang antusiasme para peserta yang hadir dari berbagai kalangan baik mahasiswa maupun dosen.

Dosen Fakultas Budaya Universitas Sumatera Utara, Dr. Asmita Surbakti, M.Si menyampaikan pentingnya menjaga atau melestarikan budaya melalui sastra.

Beliau mengatakan, “Sastra itu tidak hanya sebatas kaulah bulan kaulah bintang, namun sastra itu juga mampu mengubah pola pikir seseorang. Seperti negara Cina dan India yang selalu bangga dengan budaya lokalnya.”

Modernisasi boleh-boleh saja, namun kearifan lokal harus tetap membudaya. Beliau menambahkan, Aceh adalah kawasan yang memiliki sejarah sastra yang mendunia. Sudah seharusnyalah mahasiswa berperan aktif untuk melakukan penelitian-penelitian yang berkaitan dengan kearifan lokal. “Jangan biarkan budaya kita direnggut oleh orang asing,” tegasnya. (*/wr)

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa