Formadiksi PBSID STKIP BBG Adakan Seminar Literasi

11 November 2016 | BBG News

PDF version

BANDA ACEH, BBG NEWS—Dalam rangka memperingati Bulan Bahasa, Forum Mahasiswa Bidikmisi (Formadiksi) PBSID STKIP BBG mengadakan Seminar Gebyar Bulan Bahasa III dengan materi Peningkatan Kecintaan Terhadap Bahasa dan Sastra Indonesia untuk Menjadi Bangsa Pembaca.  Kegiatan berlangsung di Plenary Hall, Kamis (10/11). Pemateri seminar adalah Ketua Balai Bahasa Provinsi Aceh Drs. Muhammad Muis, M.Hum.

Rika Sari, Panitia Pelaksana menyampaikan terima kasih kepada mahasiswa dan dosen yang telah menyukseskan kegiatan Gebyar Bulan Bahasa. Ketua Prodi Rika Kustina, M.Pd. menyatakan bahwa Prodi PBSID tetap konsisten melaksanakan kegiatan bulan Bahasa. “Ini Tahun ketiga pelaksanaan Gebyar Bulan Bahasa. Momentum kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena kegiatannya bertepatan dengan peringatan hari Pahlawan. Mudah-mudahan mahasiswa kita menjadi pemuda berjiwa pahlawan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua STKIP BBG Lili Kasmini, M.Si. menyatakan bahwa melalui kegiatan ini  mahasiswa menjadi generasi yang cinta dengan budaya dan Bahasa Indonesia. “Harapannya jadilah genarasi penerus bangsa yang membanggakan Indonesia,” ujarnya.

Acara diselingi dengan penampilan musikalisasi puisi dan pembagian hadiah terhadap para juara lomba pewara dan debat bahasa Indonesia.

Drs. Muhammad Muis, M.Hum. menyatakan bahwa kiblat literasi Indonesia sudah berkiblat pada literarasi Barat. Inilah yang sangat memiriskan. Hal ini terjadi karena kurangnya kecintaan generasi masyarakat terhadap bahasa Indonesia “Kita berharap ke depan bahasa Indonesia menjadi pusat literasi dunia,”ujarnya. Acara dimediasi oleh Rismawati, M.Pd.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa