Dosen UBBG Ikut Workshop Penguatan Implementasi Kurikulum KKNI

31 Agustus 2021 | BBG News

PDF version

BANDA ACEH, BBG NEWS–Dosen Universitas BBG mengikuti Workshop Penguatan Implementasi Kurikulum KKNI Berbasis Pengukuran CPL dan CPMK. Kegiatan berlangsung di aula kampus setempat, Selasa (31/8/2021). Pemateri kegiatan tersebut adalah Dr. Ir. M. Aman Yaman, M. Agric. Sc. (pakar kurikulum Unsyiah).

Kegiatan dibuka oleh Rektor Universitas BBG Dr. Lili Kasmini, S. Si., M. Si. Dalam sambutannya menyatakan bahwa dosen harus terus belajar untuk pengembangan diri. Beliau berharap dengan mengikuti kegiatan workshop pembelajaran kompetensi dosen semakin hari semakin baik dan tujuan pembelajaran akan tercapai.

“Terima kasih kepada pemateri yang telah banyak meluangkan waktu di tengah kesibukan untuk memberi pengetahuan.
Terima kasih kepada penyelenggara yang telah menggagas kegiatan ini. Seperti yang kita ketahui bahwa kegiatan ini adalah sebagai bagian dari program menangnya hibah MBKM. Nanti kelanjutan dari penerapan kurikulum KKNI ini akan ada tindak lanjut berupa monitoring
evaluasi untuk mengukur capaiannya. Kita harapkan 100 %.

Miksalmina, M. Mat., Wakil Ketua I Bidang Akademik menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari output menangnya hibah MBKM dari Prodi Pendidikan dan Jasmani dan PG PAUD dari enam Prodi yang diusul. Seperti yang kita ketahui bahwa UBBG sudah dua tahun berturut-turut menang hibah MBKM yakni tahun 2019 dan 2020. Sudah banyak kegiatan workshop yang diadakan pada tahun 2020 sebagai bagian dari program ini. Tahun 2022 nanti akan ada revisi minor. Kita harapkan melalui kurikulum baru ini pembelajaran menjadi lebih baik.

Dr. Aman Yaman, M. Agric., Sc. menyatakan bahwa dalam pelaksanaan kurikulum KKNI adalah mampu mengaitkan profil lulusan dan capaian pembelajaran. Kalau tidak berarti penerapan kurikulum lemah. Beliau juga menjelaskan tentang beberapa aspek rumusan capaian pembelajaran yang perlu diperhatikan yakni kesesuaian capaian pembelajaran dengan visi misi, analisis kebutuhan pasar kerja, menggunakan deskripsi KKNI dan SN Dikti, dan menggunakan referensi dalam dan luar negeri.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa