Dosen STKIP BBG Mengikuti Bimtek Proposal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

20 Maret 2016 | BBG News

BANDA ACEH, BBG NEWS—Dosen STKIP BBG mengikuti  Bimbingan Teknis  Penulisan Proposal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Kegiatan yang bertema “Empowering a Competitive Human Resources” berlangsung di aula kampus setempat, 19-20 Maret 2016. Pemateri seminar adalah Prof. Didik Sulistyanto (Guru Besar Universitas Jember dan Tim Review Nasional Dikti).  Materi pada hari pertama  tentang proposal penelitian sedangkan hari kedua tentang pengabdian masyarakat.

Kegiatan dibuka oleh Pembina Yayasan Pendidikan Getsempena Ir. H. Hidayatullah Daud, M.T. Dalam sambutannya, beliau berharap kepada para dosen agar serius mengikuti pelatihan ini supaya proposal penelitian yang diajukan bisa lulus seleksi. “Jika dosen hanya mengajar saja, tidak berminat menulis proposal penelitian dan pengabdian masyarakat berarti telah menyalahi fungsi dosen” ujarnya.

Prof. Didik Sulistyanto menyatakan bahwa menulis proposal penelitian dan pengabdian masyarakat merupakan bagian dari tri darma perguruan tinggi. Penelitian dan pengabdian merupakan kewajiban seorang dosen. Beliau juga menuturkan bahwa menulis proposal penelitian dan pengabdian sangat besar manfaatnya. Selain bisa meningkatkan kesejahteraan, juga  menjadi  poin untuk kenaikan pangkat. “Menulis bisa menjadi poin dan koin,” ujarnya.

Ahmad Nasriadi, M.Pd., salah seorang peserta  menyatakan bahwa banyak sekali ilmu yang diperoleh dari pelatihan ini. “Saya sekarang mendapat gambaran tentang bagaimana menulis proposal penelitian yang baik,” ujarnya.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa