Tips Menulis dan Publikasi Jurnal Internasional Bereputasi

30 Juli 2018 | BBG News

PDF version

BANDA ACEH, BBG NEWS–Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STKIP BBG mengadakan Workshop dan Asistensi Penulisan Artikel Ilmiah untuk Publikasi di Jurnal Internasional Bereputasi. Kegiatan berlangsung di aula kampus setempat, 30-31 Juli 2018. Pemateri kegiatan tersebut adalah Dr. Heru Fahlevi, M.Sc. (Chief Editor of Jurnal JDAB Unsyiah).

 

 

Intan Kemala Sari, M.Pd. Kepala LPPM STKIP BBG menyatakan bahwa ada tiga tahapan kegiatan yakni mempersiapkan manuskrip, penguatan dari pemateri, dan publikasi jurnal internasional. Beliau menambahkan bahwa kegiatan tersebut diikuti dosen STKIP BBG ber NIDN baik struktural maupun non struktural

 

 

“LPPM senantiasa memfasilitasi dosen untuk menulis jurnal bereputasi. Kita harapkan dengan kegiatan akan banyak jurnal dosen STKIP BBG yang dipublikasi di jurnal internasional bereputasi. “Semoga kegiatan ini bermanfaat. Kegiatan ini juga boleh diikuti oleh dosen yang tidak mempunyai manuskrip untuk menambah pengalamab dan wawasan”pungkasnya.

 

 

Kegiatan dibuka oleh Ketua STKIP BBG Lili Kasmini, M.Si. Dalam sambutannya beliau menyatakan bahwa sudah kemajuan yang capai STKIP BBG dalam bidang penelitian dan pengabdian. Hampir semua dosen STKIP BBG menang hibah penelitian dan 50 persen luarannya terbit di jurnal internasional. Hal ini membuktikan bahwa minat menulis dan meneliti dosen sangat besar. Semoga kegiatan ini menjadi pemicu dan motivasi bagi dosen pemula untuk meningkatkan minat meneliti.

 

 

“Terima kasih kepada Bapak pemateri Dr. Heru Fahlevi. Terima kasih juga kepada LPPM yang telah memfasilitasi kegiatan ini. Semoga kegiatan ini berdampak positif terhadap perkembangan karier dosen,”pungkasnya.

 

 

Dr. Heru Pahlevi, M.Sc. sang pemateri menyatakan bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya publikasi jurnal internasional sukses di antaranya kualitas naskah ilmiah, pemilihan jurnal yang sesuai, mengikuti format jurnal secara detail, kualitas tata bahasa, tingkat originalitas naskah, kaya referensi terbaru, melakukan revisi mendasar dan lain sebagainya. Beliau menambahkan bahwa supaya terhindar dari penipuan kita harus mengenal jurnal abar-abar. ciri ciri jurnal abar abar yakni proses publikasi yang cepat, tidak melewati proses publikasi standar, indeks tidak meyakinkan, jumlah artikel relatif sangat banyak, dan biaya yang relatif mahal.

 

 

“Kita harus cermat dalam memilih jurnal internasional karena sia sia pikiran dan biaya jika tidak diakui,”tutupnya.

 

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa