Dosen STKIP BBG Ikut Pelatihan Dasar Publikasi Jurnal Internasional

6 Juni 2018 | BBG News

PDF version

BANDA ACEH, BBG NEWS—Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STKIP BBG mengadakan Pelatihan Dasar Jurnal Internasional bagi kalangan dosen. Kegiatan berlangsung di gedung kampus setempat, Rabu (6/6/2018). Pemateri kegiatan tersebut adalah Intan Kemala Sari, M.Pd. (Ketua LPPM STKIP BBG).

Kegiatan dibuka oleh Ketua STKIP BBG Lili Kasmini, M.Si. Dalam sambutannya beliau menyatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah memfasilitasi Bapak/Ibu dalam menulis dan mempubikaskan jurnal internasional. Jurnal merupakan salah satu tulisan hasil penelitian. Penelitian merupakan bagian dari tri darma perguruan tinggi yang harus dipenuhi dosen. Artinya suka tidak suka dosen wajib meneliti dan menghasilkan jurnal. “Semoga kegiatan ini bermanfaat dan menjadi amalan pada bulan Ramadan. Terima kasih kepada pihak LPPM yang telah memfasilitasi kegiatan ini. Mudah-mudahan kampus kita lebih baik lagi ke depannya,”ujarnya.

Intan Kemala Sari, M.Pd. menyatakan bahwa pelatihan dasar ini dapat menjadi wadah diskusi sosialiasi penulisan jurnal internasional dari Kopertis XIII, diskusi tentang cara mengawali rencana publikasi di jurnal inetrnasional, mencari jurnal internasional, membuat manuskrip, dan belajar pengalihan bahasa secara mandiri. Beliau  menambahkan bahwa cara paling mudah agar artikel lolos pada jurnal internasional terindeks scopus adalah mencari jurnal Indonesia yang sudah terindeks scopus.

Dalam pelatihan tersebut dosen juga dibimbing tentang program Mendeley. Mendeley merupakan suatu aplikasi yang berguna untuk membuat bodynote dan daftar pustaka secara otomatis. Mendeley dapat menjadi pustaka pribadi yang bisa diakses secara online dengan kapasitas penyimpanan secara maksimal 2 GB.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa