Dosen dan Mahasiswa UBBG Adakan Pelatihan dan Pendampingan Pelayanan Administrasi Desa Berbasis Web

7 Agustus 2021 | BBG News

PDF version

BANDA ACEH, BBG NEWS–Ully Muzakkir, M. T., dosen  Universitas BBG Banda Aceh dibantu oleh beberapa mahasiswa melaksanakan kegiatan pelatihan dan pendampingan pelayanan administrasi  Desa Berbasis Web. Kegiatan ini sebagai bagian dari pengabdian masyarakat yang diperuntukkan untuk warga Desa Lamteh, Kecamatan Ulee Kareng, Banda Aceh, Sabtu (7/8/2021).

Ully Muzakir, MT sebagai dosen pendamping mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan implementasi dari hasil kerjasama antara desa dan UBBG untuk membantu desa dalam meningkatkan pelayanan administrasi publik secara online berbasis web.

Pendampingan ini akan terus dilakukan secara berkelanjutan oleh tim UBBG agar desa menghasilkan luaran berupa layanan publik yang efektif dan efisien dimana masyarakat dapat mengakses informasi dan memperoleh layanan administrasi publik melalui web https://lamteh.desa.id. Adapun aplikasi web yang digunakan oleh desa adalah OPENSID versi 21.08 yang merupakan aplikasi opensource yang terus dikembangkan oleh komunitas open desa.

Intan Kemala Sari, Ketua LPPM UBBG menyatakan bahwa program ini merupakan program kompetisi hibah dosen bbg untuk membangun semangat mengabdi dan membangun negeri untuk Aceh dalam bidang pengabdian kepada masyarakat. Sejatinya kegiatan pengabdian merupakan kegiatan yg bermanfaat kepada masyarakat sehingga manfaatnya dapat dirasakan langsung dan dimungkinkan untuk waktu yang cukup panjang.

“Semoga dosen UBBG tidak pernah berhenti untuk mengabdi kepada masyarakat sehingga tercapai masyarakat yang sejahtera dan berliterasi teknologi,” pungkasnya.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa