Dosen BBG Ikut Workshop Finalisasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka

14 September 2020 | BBG News

PDF version

Kampus STKIP BBG mengadakan Workshop Finalisasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Kegiatan yang bertema “Reorientasi Kurikulum Berbasis Program MBKM di Era 4.0” berlangsung secara daring, pada tanggal 14 September 2020. Pemateri kegiatan tersebut adalah Prof. Dr. Edy Cahyono, M.Si. (Pakar Kurikulum Merdeka dari Universitas Negeri Semarang). Workshop diikuti oleh para dosen kampus setempat.

Ketua STKIP BBG Lili Kasmini, M.Si.  menyatakan bahwa kegiatan ini  merupakan kelanjutan dari lolosnya program kurikulum Merdeka Kemendikbud yang diumumkan pada 31 Agustus 2020. Terima kasih kepada bapak pemateri yang telah bersedia meluangkan waktunya untuk berbagi ilmu tentang kurikulum merdeka. Terus terang kami masih awam, apalagi kurikulum merdeka ini merupakan kurikulum baru sehingga kami masih membutuhkan banyak curahan ilmu.

“Semoga dengan pencerahan dan juga dengan persiapan yang matang kegiatan ini bisa dijalakan dengan baik dan efektif sehingga nantinya akan mendapatkan hasil yang optimal. Terima kasih sekali lagi kepada pemateri. Terima kasih juga untuk bapak/ibu dosen yang telah mengikuti kegiatan ini dengan baik,”pungkasnya.

Prof. Edy Cahyono, sang pemateri menyatakan bahwa pelaksanaan kurikulum merdeka ini memiliki tahapan sebagai berikut yakni menganalisis kebutuhan dan kajian Ipteks baru selanjutnya dibuat profil lulusan. Setelah itu baru ditentukan rumusan capaian pembelajaran baru dihasilkan mata kuliah (bahan kajian dengan kedalaman materi) dan CPL (sikap, pengetahuan, dan keterampilan).

Pelaksanaan kurikulum merdeka akan juga akan dievaluasi. Evaluasi dan pemuktahiran kurikulum secara berkala tiap 4-5 tahun yang melibatkan pemangku kepentingan internal dan ekternal serta direview oleh pakar bidang ilmu program studi, industri, asosiasi serta sesuai dengan perkembangan Ipteks dan kebutuhan pengguna.

“Para dosen harus merumuskan kajian kurikulum yang lebih matang sehingga capaian akhir dari pelaksanaan akan lebih maksimal,”pungkasnya.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa