Dirjen Guru Pendidikan Menengah Kemendikbud RI Menjadi Pemateri Kuliah Umum

9 Januari 2017 | BBG News

PDF version

BANDA ACEH, BBG NEWS—STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh menggelar Kuliah Umum yang bertema, “Meningkatkan Kualitas Tenaga Pendidik dalam Membentuk SDM yang Profesional dan Komprehensif”. Kegiatan berlangsung di Plenary Hall kampus setempat, Senin (9/1). Pemateri kegiatan tersebut adalah Drs. Anas M. Adam, M.Pd. (Direktur Jenderal Guru Pendidikan  Menengah Kemendikbud RI).

Ketua STKIP BBG Lili Kasmini, M.Si. berharap kiranya kampus STKIP BBG bisa bersinergi dengan lembaga lain melalui kegiatan-kegiatan yang bersifat rasional. Apalagi selama ini kampus STKIP BBG  telah berkerja sama dengan perguruan tinggi dalam dan luar negeri  dalam berbagai kegiatan. Bahkan baru-baru STKIP BBG telah bekerja sama dengan UKM dan UMP dalam kegiatan seminar dan kuliah umum. “Melalui kegiatan ini kami bisa memberi kontribusi bagi masyarakat terutama yang berhubungan dengan tenaga pendidik,” ujarnya.

Drs. M. Najib, Perwakilan Kopertis XIII Aceh menyatakan bahwa Kopertis mendukung setiap program yang dilaksanakan perguruan tinggi terutama kegiatan untuk  meningkatkan mutu perguruan tinggi dan tenaga kependidikan di Aceh seperti yang diadakan kampus ini. “Apalagi pada tahun 2017  ini Kopertis bekerja sama dengan STKIP BBG akan mengadakan konferensi internasional karena pihak perguruan tinggi di Malaysia menyatakan senang bekerja sama dengan perguruan tinggi di Aceh terutama STKIP Bina Bangsa Getsempena” ujarnya.

Drs. Anas M. Adam, M.Pd. dalam materinya menyatakan bahwa dalam meningkatkan mutu tenaga pendidikan ada hubungan yang erat antara kinerja guru, kompetisi, sertifikasi, dan apresiasi. Guru harus melakukan kinerja yang baik dengan berbagai kompetisi sehingga masyarakat dan pemerintah memberikan penghargaan. Selain itu, keberhasilan pendidikan dipengaruhi oleh tiga hal yakni karakteristik siswa 49 %, kemampuan guru 30 %, dan  sekolah 7 %. “Saya berharap para guru banyak memberika motivasi kepada peserta didik karena hal itu menjadi spirit bagi mereka sehingga akan terbentuk sumber daya manusia yang profesional,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah Pembina Yayasan Ir. H. Hidatullah Daud, M.T., Perwakilan Kopertis XIII Aceh Drs. M. Najib, pihak sekolah, dosen, dan mahasiswa.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa