BJM STKIP BBG Adakan Sosialisasi SPMI

30 Agustus 2017 | BBG News

PDF version

BANDA ACEH, BBG NEWS—“Alhamdulillah, STKIP BBG masuk kategori sekolah tinggi swasta  Aceh yang telah menjalankan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dengan baik dan menjadi rujukan bagi perguruan tinggi swasta lainnya. Bahkan STKIP BBG telah menjalankan SPMI sejak tahun 2013,’’ujar Fitriati, M.Ed., Kepala Badan Penjaminan Mutu STKIP BBG pada saat Sosialisasi Sistem Penjaminan Mutu Internal. Kegiatan yang bertema “Melalui SPMI Kita Tingkatkan Budaya Mutu yang Berkelanjutan” berlangsung di Plenary Hall kampus setempat, Rabu (30/8). Sontak saja gemuruh tepuk tangan peserta  membahana saat mendengar pernyataan tersebut.

Harfiandi, M.Pd., selaku ketua penyelenggara menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengukuhkan sistem penjaminan mutu internal STKIP BBG, sedangkan tujuan khususnya untuk memperbarui sistem dokumen perguruan tinggi kita sesuai dengan pedoman SPMI tahun 2017. Ia berharap seluruh civitas akademika  kampus ini bisa menjalankan mutu dengan baik pada saat rumusan standar telah ditetapkan karena berpengaruh pada capaian dari hasil SPMI STKIP BBG.

“Penjaminan mutu adalah jantungnya perguruan tinggi. Dengan mutulah  perguruan tinggi akan terus berkembang. Oleh karena itu, BJM kita selalu berusaha meningkatkan kualitas kampus. Salah satunya adalah dengan sosialisasi SPMI. Terima kasih kepada panitia dan jajaran Badan Penjaminan Mutu yang telah memprakarsai kegiatan ini. Semoga dapat berjalan dengan baik sampai akhir kegiatan,”ujar Lili Kasmini, M.Si. saat membuka sosialisasi Sistem Penjaminan Mutu Internal.

Miksalmina, M.Pd. pemateri kedua memaparkan tentang Audit Mutu Internal (AMI). Ia  menyatakan bahwa AMI merupakan penilaian lembaga secara internal berdasarkan prosedur yang dijalankan. Ruang lingkup AMI meliputi  audit akademik dan non-akademik. Sementara pemateri ketiga Harfiandi, M.Pd. memaparkan tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang terdiri dari 24 standar yang berkaitan dengan tri darma perguruan tinggi, sedangkan standar khas STKIP BBG merupakan standar yang melampaui batas SN Dikti yang terdiri atas standar  visi misi, kemahasiswaan, akademik, kerja sama, informasi, tata pamong, dan kesehatan. “Kemungkinan akan ada lagi penambahan standar yang khas untuk STKIP BBG,”ujarnya.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa