Berbagi Ilmu Bersama Para Guru

13 Mei 2015 | BBG News

PDF version

* Pengabdian diadakan di SMPN 1 Simpang Tiga

Jarum jam menunjukkan pukul 13.15 WIB. Para dosen di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bina Bangsa Getsempena (STKIP BBG) telah bersiap-siap menuju ke sebuah tempat yang terletak di Aceh Besar tepatnya di Jalan Biluy Krung Mak, Kabupaten Aceh Besar. Para dosen itu yang terdiri atas enam orang, yakni; Rika Kustina, M.Pd., Rita Novita, M.Pd., Regina Rahmi, M.Pd., Wahidah Nasution, M.Pd., Fitriati, M.Ed., dan Sri Wahyuni, M.Pd. berniat melakukan pengabdian di SMP Negeri 1 Simpang Tiga. Para dosen STKIP BBG tersebut akan berbagi ilmu kepada para guru-guru di sekolah tersebut mengenai bagaimana menyusun Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Persiapan pun usai. Mobil yang membawa para dosen itu pun melaju cepat guna menjalankan salah satu fungsi tridharma perguruan tinggi yakni, pengabdian. Kedatangan rombongan dosen di SMP Negeri 1 Simpang Tiga disambut hangat para guru-guru diyang sedari tadi setia menunggu kedatangan para dosen STKIP BBG ini.

“Maaf buk kami agak terlambat,” ucap salah seorang dari perwakilan dosen STKIP BBG.

“Tidak apa-apa. Kami pun baru saja kembali dari rumah,” ucap sang guru itu.

Sang guru yang bernama Hermayati mengarahkan kami ke sebuah ruangan tepatnya di laboratorium micro teaching. Tanpa ada aba-aba, para guru yang berada di dalam ruang dewan guru pun ikut bersama kami memasuki lab micro teaching. Wahidah Nasution, selaku protokol pada acara pengabdian itu langsung membuka acara.

“Bapak dan Ibu guru yang kami hormati, pada kesempatan ini kami ingin berbagi informasi terbaru mengenai karya ilmiah yang tidak asing lagi bagi Bapak dan Ibu guru yakni, penelitian tindakan kelas.”

Rita Novita menjadi pemateri pertama pada acara tersebut menjelaskan pengertian PTK dan bagaimana penyusunan PTK. Selanjutnya, pemateri kedua diisi oleh Fitriati dengan materi metode penelitian. Terakhir, Regina Rahmi menjelaskan tentang instrumen dan pengolahan data.

“Kami sangat senang dengan adanya kegiatan ini karena kesulitan yang kami dapatkan ketika menyusun PTK dapat teratasi. Kami juga berharap acara seperti ini akan dilanjutkan kembali terutama untuk memperdalam lagi pengetahuan kami mengenai penyusunan PTK karena bagi sebagian guru, menyusun PTK sangatlah sulit,” papar Hermayati.

Pada pengabdian tersebut, Rita Novita selaku wakil ketua I bidang akademik STKIP BBG, menggimbau kepada seluruh guru yang ingin hasil penelitiannya dimuat dalam jurnal, STKIP BBG siap menampung tulisan para guru tersebut. Acara pengabdian masyarakat berlangsung mulai pukul 15.00 s.d. 17.00 WIB serta diikuti oleh perwakilan guru yang ada di SMP Negeri 1 Simpang Tiga.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa