BBG Adakan Pendampingan Penulisan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa

9 Februari 2021 | BBG News

PDF version

BANDA ACEH, BBG NEWS–Dosen BBG mengikuti kegiatan pendampingan penulisan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Kegiatan yang bertema, “Mewujudkan Transformasi Pendidikan Tinggi berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka”berlangsung secara daring, Selasa (9/2/2021). Pemateri kegiatan tersebut adalah Dr. Edy Setiyo Utomo, M.Pd. pakar PKM dari kampus STKIP PGRI Jombang.

Kegiatan dibuka oleh Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan Cut Marlini, M.Pd., Dalam sambutannya beliau menyampaikan terima kasih kepada pemateri yang telah bersedia meluangkan waktu berbagi ilmu dan pengalaman untuk dosen pendamping penulisan proposal PKM. Kita harapkan melalui kegiatan ini akan banyak mahasiswa BBG yang lolos proposal PKM tingkat nasional. Beliau menambahkan bahwa sebelumnya mahasiswa BBG juga sudah pernah mengikuti program ini.

“Alhamdulillah sebelumnya dari BBG sudah pernah lolos proposal atas nama Renika Wahyuni dari Prodi PGSD yang dibimbing oleh Pak Aprian Subhananto, M.Pd. Proposalnya berjudul PASUKAN (Tempat Tisu Kartun) Pemanfaatan Kaleng Bekas Berbasis Commerce. Kita harapkan tahun ini akan  banyak lagi proposal yang lolos bahkan sampai ke tingkat Pimnas. Tentu saja dengan bimbingan yang baik dari dosen. Mohon kiat-kiatnya dari bapak pemateri,”pungkasnya.

Intan Kemala Sari, M.Pd. Ketua LPPM STKIP BBG menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan selain untuk menambah ilmu juga memotivasi para dosen agar semangat dalam proses pembimbingan mahasiswa sehingga capaiannya akan maksimal. Kita juga mempunyai visi mewujudkan mahasiswa yang kreatif karena prestasi mahasiswa adalah bagian penting dalam pengembangan mutu kampus.

“Kegiatan ini berlangsung dua sesi. Sesi pertama untuk dosen pada Selasa (9/2/2021) sedangkan sesi kedua untuk mahasiswa pada Senin (15/2/2021),”ujarnya.

Bagi dosen dan mahasiswa yang berpartisipasi aktif dalam PKM akan mendapatkan pengahargaan dan pengakuan yg dapat menjadi rekam jejak pengembangan diri ke tahap berikutnya.

Dr. Edy Setiyo Utomo, M.Pd., sang pemateri menyatakan bahwa ada beberapa tips membimbing PKM di antaranya melihat permasalahan dari berbagai sudut pandang, mencoba out of the box, ide dan isu yang diangkat terbaru, mematuhi panduan, memberikan pembiayaan yang realistis, membuat judul yang menarik, dan tidak salah skema. Beliau juga menambahkan kiat pemilihan ide yang baik adalah dengan cara membuka google. Makin sedikit yang muncul di google berarti idenya semakin bagus. Hal penting yang harus diingat adalah masalah yang diangkat benar-benar terbaru, pemilihan judul juga langsung pada point intinya, dan pembiayaan juga harus logis.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa