BBG Adakan Kuliah Umum Pendidikan

12 Maret 2021 | BBG News

PDF version

BANDA ACEH, BBG NEWS–Dosen STKIP BBG Banda Aceh mengikuti Kuliah Umum Pendidikan. Kegiatan yang bertema “Peningkatan Kualitas Dosen dalam Mewujudkan U BBG yang Unggul Melalui Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka” berlangsung di aula kampus setempat, 12 Maret 2021. Pemateri kegiatan tersebut adalah Dr. Saminan, Ismail, M.Pd., Kepala Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh.

Kegiatan dibuka oleh Ketua STKIP BBG Banda Aceh Dr. Lili Kasmini, M.Si. Dalam sambutannya beliau menyampaikan terima kasih kepada bapak pemateri yang telah bersedia berbagi ilmu, wawasan, dan pengalaman tentang pendidikan. Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat urgen saat ini. Itulah yang menyebabkan BBG selalu merencakan dan merancang program untuk kemajuan pendidikan

“Harapannya penelitian dan pengabdian yang dibuat bisa mengembangkan pendidikan di Aceh. . Terima kasih sekali lagi kepada bapak pemateri. Semoga ini menjadi inspirasi bagi kita dalam mengembangkan pendidikan,”pungkasnya.

Dr. Saminan Ismail, M.Pd., sang pemateri menyatakan bahwa banyak kendala yang muncul dalam pendidikan di sekolah saat ini adalah rendahnya sumber daya manusia terutama guru, belum terpenuhi jumlah guru berdasarkan rombel di sekolah terutama guru SD, sarana dan prasarana sekolah yang belum mencukupi. Hal ini sebenarnya yang menjadi permasalan yang perlu diatasi.

Pemateri meminta kampus BBG agar berperan penting dalam mengembangkan sumber daya manusia (SDM) untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Aceh. Salah satunya adalah melaksanakan program seleksi UKG untuk alumni sehingga siap menjadi profesional pada masa mendatang.

Beliau juga menyinggung tentang konsep utama merdeka belajar yakni meningkatkan kemampuan literasi, kemampuan numerik, dan menumbuhkan sikap dan karakter.

Miksalmina, M.Mat, Ketua Pelaksana menyatakan dengan adanya kegiatan ini kita menjadi mengetahui banyak hal tentang kondisi pendidikan di Aceh dan bisa menjadi barometer untuk mengembangkan pendidikan di Aceh melalui program penelitian dan pengabdian. Beliau berharap perguruan tinggi, dinas pendidikan, dan sekolah bersinergi memajukan pendidikan di Aceh.

“Alhamdulillah 20 mahasiwa BBG lulus tahap I program Kampus Mengajar. Kita berharap kampus mengajar bisa berkolaborasi dengan Sekolah Penggerak. Tujuannya satu yakni memajukan pendidikan di Aceh,”ujarnya.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa