Aksi Penanaman 1000 Mangrove

16 Januari 2018 | BBG News

BANDA ACEH, BBG NEWS—Himpunan Mahasiswa PAUD (Himapa) STKIP BBG serta beberapa komunitas dan instansi di Banda Aceh melakukan penanaman 1000 batang mangrove di tepi pantai Gampong Alue Naga, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh, Minggu (14/1). Kegiatan  yang diprakarsai  Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI berlangsung serentak di 10 kota  Indonesia yakni  Banda Aceh, Makassar, Semarang, Padang, Surabaya, dan Medan. Kegiatan tersebut semakin marak dengan adanya live streaming dengan Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, pemerhati anak Kak Seto, dan Duta Sahabat Anak Peduli Lingkungan Jefri Nichol.

Tujuan kegiatan penanaman 1000 bibit mangrove ini untuk mengurangi dampak abrasi dan sebagai pemecah ombak. Mangrove juga berperan penting dalam mengurangi pencemaran udara dan rumah yang baik bagi udang dan kepiting.

“Informasi ini saya dapatkan secara langsung dari Pak Zainal Abidin Suarja, M.Pd. (Dosen STKIP BBG sekaligus Kepala Lembaga Riset dan Pelatihan Natural Aceh). Ketika mendengar rangkaian kegiatan ini saya merasa sangat tertarik dan langsung menyampaikan kepada Himapa untuk bisa berpartisipasi. Alhamdulillah Himapa menyambut dengan antusias, “ujar Riza Oktariana (Dosen PAUD STKIP BBG).

Kegiatan dijadwalkan berlangsung  sejak 11-14 Januari 2017 namun Himapa hanya mengikuti kegiatan pada 13-14 karena disibukkan oleh kegiatan perkuliahan. Pada Sabtu (13/1) diberikan workshop tentang mangrove oleh tim Natural Aceh yang berlangsung di kampus setempat dan Minggu (14/1) langsung praktik penanaman mangrove di Alue Naga.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa