5 Tips Pilih Jurusan Kuliah Bagi Calon Mahasiswa

5 Februari 2021 | BBG News

PDF version

KOMPAS.com – Sudah menjadi rahasia umum, memilih jurusan kuliah menjadi masalah utama bagi calon mahasiswa baru. Kebanyakan, calon mahasiswa baru merasa hilang arah untuk menentukan pilihan yang tepat. Baca juga: Mahasiswa, Ini 6 Cara Hubungi Dosen yang Baik dan Benar Jika dipaksakan dengan jurusan kuliah tertentu, maka akan berujung salah memilih jurusan dan akhirnya susah lulus. Dari permasalahan itu, Dosen Fakultas Psikologi Universitas Airlangga (Unair) Dewi Retno Suminar memiliki lima tips untuk memilih jurusan kuliah bagi calon mahasiswa baru. Mari simak kelima tips itu dengan seksama. 1. Kenali diri sendiri Dalam memilih jurusan kuliah, maka kamu harus mengenali diri sendiri. “Dengan mengenali diri sendiri dapat mengetahui potensi dan minat diri,” kata Dewi melansir laman ITS, Kamis (4/2/2021).

2. Bangkitkan mimpi Memang perlu membangkitkan mimpi dalam memilih jurusan kuliah. Hal itu demi menguatkan motivasi kamu saat kuliah. Pada akhirnya fokus terhadap tujuan yang akan didapatkan. “Nah, yang penting calon mahasiswa harus coba untuk memahami kekuatan dia. Misalnya dia kuat di matematika atau hitungan,” tegas dia.

3. Harus kenal jurusan kuliah yang diambil Demi tidak salah memilih jurusan kuliah, kamu juga harus mengenal jurusan tersebut. Mulai dari mencari informasi di website perguruan tinggi hingga jurusan yang diminati. “Kamu juga harus memahami program apa saja yang diterapkan di kampus yang dituju dan kurikulum jurusan yang akan diambil,” tuturnya. Alhasil, kata dia, calon mahasiswa bisa memahami betul jurusan kuliah yang diinginkan, bukan sekadar suka dan mengikuti tren. “Karena tren maka terseok-seok, lulus ya lulus si anak itu. Tapi kan tidak mungkin mau tersiksa selama empat tahun,” ungkapnya. Baca juga: Pahami 7 Tips Ini agar Tak Salah Pilih Jurusan Kuliah

4. Rekam jejak lulusan menjadi pertimbangan Pada poin keempat ini, bilang dia, sangat penting dalam memilih jurusan kuliah, yakni mengetahui rekam jejak lulusan. Ketika mengetahui rekam jejak lulusan, maka bisa membangkikan mimpi yang telah direncanakan. “Dan juga mendapatkan gambaran, agar bisa menyiapkan mental secara baik,” sebut dia.

5. Harus komunikasi dengan orang tua. Berkomunikasi dengan orangtua sangat penting dalam memilih jurusan kuliah. “Itu agar ada dialog dan menemukan titik terang dalam menentukan jurusan kuliah kamu. Jadi komunikasi itu penting,” tegasnya. Jangan sampai orangtua memilih jurusan kuliah kamu, karena akan memberatkan dirimu saat kuliah. Selain lima tips di atas, kamu juga tidak boleh mendengar perkataan orang saat mengambil jurusan kuliah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “5 Tips Pilih Jurusan Kuliah Bagi Calon Mahasiswa”, Klik untuk baca: https://edukasi.kompas.com/read/2021/02/04/073100571/5-tips-pilih-jurusan-kuliah-bagi-calon-mahasiswa?page=2.
Penulis : Dian Ihsan
Editor : Dian Ihsan

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa