2016, STKIP BBG Siap Terapkan Portal Online Terintegrasi

8 Februari 2016 | BBG News

PDF version

Banda Aceh, BBG NEWS – Isu KRS online di STKIP BBG memang sudah berkembang sejak tahun 2012 namun belum berjalan sesuai harapan karena mengalami permasalahan teknis dalam sinkronisasi data, tertutupnya kode program SIAKAD dari pihak rekanan dan kerusakan sistem database SIAKAD sehingga membuat KRS online makin tidak mungkin diterapkan di STKIP BBG.

Untuk itulah, pada April 2015 Kepala Unit Teknologi Informasi STKIP BBG Achyar Munandar S.Kom berinisiatif  untuk merancang sendiri portal online terintegrasi yang diberi nama OPEN SIMKA. OPEN SIMKA merupakan sistem informasi manajemen untuk kampus berbasis web yang memungkinkan sivitas akademika di dalam perguruan tinggi dapat melakukan administrasi terpadu dan terpusat, salah satunya adalah fitur KRS online.

Untuk pengembangan tahap awal, proyek OPEN SIMKA memang masih difokuskan untuk pengisian KRS online yang rencananya bakal rampung pada pertengahan Februari 2016 ini, mengingat beberapa minggu lagi mahasiswa STKIP BBG akan mengisi KRS untuk semester genap 2015/2016.

Achyar menambahkan, “Begitu program ini selesai, tentunya akan kita simulasi dulu untuk meminimalisir segala kekurangan yang mungkin akan terjadi. Bagi mahasiswa yang belum mengetahui cara isi KRS online tidak perlu panik karena kru HMJ yang bertugas siap membantu pada hari H. Selain itu, HMJ juga menyediakan posko pengisian KRS online untuk mahasiswa yang tidak membawa laptop”.

“Program OPEN SIMKA ini memang masih perdana dan butuh pengembangan lebih lanjut, harapannya semoga pengisian KRS online perdana nanti bisa berjalan dengan lancar dan terkendali,” ujarnya.

[divider]

Catatan: Bagi mahasiswa yang tidak membawa laptop, agar diusahakan untuk membawa flashdisk sendiri karena HMJ hanya memberi akses pengisian KRS (tidak termasuk mencetak). Untuk mencetak KRS, simpanlah file cetakan KRS ke dalam flashdiskmu dan cetak di tempat-tempat rental printer terdekat.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa