134 Prodi PTS Aceh Terakreditasi B (Serambi Indonesia)

10 September 2018 | BBG News

BANDA ACEH – Jumlah program studi (prodi) yang terakreditasi B di lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL-Dikti) Wilayah XIII (dulunya bernama Kopertis Wilayah XIII Aceh) terus meningkat pesat sejak tahun 2015. Bila pada tahun 2015 hanya 32 prodi di lingkungan Kopertis XIII yang terakreditasi B, tahun ini meningkat jadi 134 prodi.

Hal itu diungkapkan Ali Umar MAP, pejabat LL-Dikti Wilayah XIII saat membuka resmi kegiatan Uji Petik Pemetaan Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di lingkungan LL-Dikti Wilayah XIII Aceh, Kamis (6/9) siang. Acara tersebut terselenggara atas kerja sama Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan melalui Direktorat Penjaminan Mutu Kemenristekdikti dengan LL-Dikti Wilayah XIII Aceh.

Kegiatannya dilaksanakan di Aula STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh, diikuti 111 perguruan tinggi swasta (PTS) dan sejumlah PTN yang ada di Aceh. Mereka dibahani oleh narasumber tunggal, yakni Fatkhul Mujib MM dari Direktorat Penjaminan Mutu Kemenristekdikti.

Selaku Kepala Seksi Kelembagaan dan Kerja Sama LL-Dikti Wilayah XIII, Ali Umar menyampaikan bahwa SPMI adalah kegiatan sistemik penjaminan mutu pendidikan tinggi oleh setiap perguruan tinggi secara otonom untuk mengendalikan dan meningkatkan penyelenggaraan pendidikan tinggi secara berencana dan berkelanjutan. Muara dari penjaminan mutu itu salah satunya adalah meningkatkan akreditasi prodi di setiap perguruan tinggi.

Terkait dengan itu, Ali Umar memaparkan tentang meningkatkan akreditasi sejumlah PTS di Aceh sejak 2015, dua tahun setelah dibentuk Kopertis di Aceh. Ia sebutkan, jumlah prodi di 111 PTS se-Aceh saat ini mencapai 358 prodi. Yang terakreditasi A hanya 1 prodi. Sedangkan yang terakreditasi C sebanyak 142 prodi dan yang belum terakreditasi tercatat 142 lagi. “Meskipun belum terakreditasi, tapi ke-142 prodi itu terpantau aktif dan ada izinnya,” rinci Ali Umar.

Sementara itu, Lili Kasmini MSc selaku Ketua STKIP Bina Bangsa Getsempena mengapresiasi langkah LL-Dikti Wilayah XIII yang telah memberikan amanah untuk melaksanakan kegiatan tersebut di kampus mereka. Apalagi kegiatan ini merupakan kegiatan perdana terkait uji petik pemetaan implementasi SPMI di PTS dan sejumlah PTN di Aceh. Ia berharap agar hasil dari kegiatan ini bisa lebih tepat sasaran dalam rangka meningkatkan implementasi SPMI di perguruan tinggi masing-masing. (dik)

Sumber: http://aceh.tribunnews.com/2018/09/08/134-prodi-pts-di-aceh-terakreditasi-b.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa

 BBG  NEWS M. Naumi, Atlet UBBG Raih Juara I Kejuaraan Menembak Nasional Haornas Tahun 2022 BBG  NEWS Teuku Yulianda, Atlet UBBG yang Raih Medali Perak pada Kejurnas Angkat Besi di Jakarta BBG  NEWS 78 Peserta PPG Prajab Gelombang I UBBG Ikut Orientasi BBG  NEWS 274 Lulusan FSTIK UBBG Diyudisium BBG  NEWS Mahasiswa UBBG Raih Juara I Aceh Business Competition HIPMI Aceh Tahun 2022 BBG  NEWS Dua Mahasiswa Penjas UBBG Raih Emas Pada Kejuaraan Nasional Karate Wadokai di Jakarta BBG  NEWS Atlet Panahan UBBG Raih Satu Emas dan empat Perak Pada Kejuaraan Kotaradja Archery Championship ll BBG  NEWS Dosen Penjas UBBG Terpilih Sebagai Peserta Pelatihan Pelatih Fisik Level 1 Nasional BBG  NEWS UBBG Adakan Kegiatan Sosialisasi & Koordinasi Pelaksanaan UKMPPG Daljab I Tahun 2022 BBG  NEWS Mahasiswi Pendidikan Bahasa Indonesia UBBG Raih Juara III Penulisan Cerpen Peksimida XV Provinsi Aceh BBG  NEWS M. Naumi, Atlet UBBG Raih Juara I Kejuaraan Menembak Nasional Haornas Tahun 2022 BBG  NEWS Teuku Yulianda, Atlet UBBG yang Raih Medali Perak pada Kejurnas Angkat Besi di Jakarta BBG  NEWS 78 Peserta PPG Prajab Gelombang I UBBG Ikut Orientasi BBG  NEWS 274 Lulusan FSTIK UBBG Diyudisium BBG  NEWS Mahasiswa UBBG Raih Juara I Aceh Business Competition HIPMI Aceh Tahun 2022 BBG  NEWS Dua Mahasiswa Penjas UBBG Raih Emas Pada Kejuaraan Nasional Karate Wadokai di Jakarta BBG  NEWS Atlet Panahan UBBG Raih Satu Emas dan empat Perak Pada Kejuaraan Kotaradja Archery Championship ll BBG  NEWS Dosen Penjas UBBG Terpilih Sebagai Peserta Pelatihan Pelatih Fisik Level 1 Nasional BBG  NEWS UBBG Adakan Kegiatan Sosialisasi & Koordinasi Pelaksanaan UKMPPG Daljab I Tahun 2022 BBG  NEWS Mahasiswi Pendidikan Bahasa Indonesia UBBG Raih Juara III Penulisan Cerpen Peksimida XV Provinsi Aceh BBG  NEWS M. Naumi, Atlet UBBG Raih Juara I Kejuaraan Menembak Nasional Haornas Tahun 2022 BBG  NEWS Teuku Yulianda, Atlet UBBG yang Raih Medali Perak pada Kejurnas Angkat Besi di Jakarta BBG  NEWS 78 Peserta PPG Prajab Gelombang I UBBG Ikut Orientasi BBG  NEWS 274 Lulusan FSTIK UBBG Diyudisium BBG  NEWS Mahasiswa UBBG Raih Juara I Aceh Business Competition HIPMI Aceh Tahun 2022 BBG  NEWS Dua Mahasiswa Penjas UBBG Raih Emas Pada Kejuaraan Nasional Karate Wadokai di Jakarta BBG  NEWS Atlet Panahan UBBG Raih Satu Emas dan empat Perak Pada Kejuaraan Kotaradja Archery Championship ll BBG  NEWS Dosen Penjas UBBG Terpilih Sebagai Peserta Pelatihan Pelatih Fisik Level 1 Nasional BBG  NEWS UBBG Adakan Kegiatan Sosialisasi & Koordinasi Pelaksanaan UKMPPG Daljab I Tahun 2022 BBG  NEWS Mahasiswi Pendidikan Bahasa Indonesia UBBG Raih Juara III Penulisan Cerpen Peksimida XV Provinsi Aceh