1001 Buku untuk Pulo Aceh

2 Januari 2018 | BBG News

PDF version

BANDA ACEH, BBG NEWS—Mentari baru saja merekah di ufuk timur ketika sekelompok aktivis muda menyibak hamparan ilalang di Pulo Aceh. Mereka adalah peserta pengabdian masyarakat yang tergabung dalam Himapol Peduli IV yang berjumlah 50 orang. Termasuk di dalamnya empat mahasiswa STKIP BBG yakni Yuni Zawi (mahasiswa PBSID), Huriyaty Dhuhaisna (mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris), Yuvita Fitri Irda (mahasiswa PG PAUD), dan Silvia Husna (mahasiswa PG PAUD) mengadakan kegiatan Bakti Sosial di Pulo Breuh, Aceh Besar.  Kegiatan yang bertema “1001 Buku untuk Pulo Aceh” berlangsung sejak 21-25 Desember 2017.

Agenda kegiatan yakni gotong royong membersihkan masjid di Desa Meulingge, mensosialisasikan wawasan kebangsaan dan memberikan motivasi di SD/SMP di Pulo Aceh. Selain itu, mahasiswa juga membuka Perpustakaan Desa sembari membagi-bagikan tas dan buku kepada siswa. Tentu membuka pustaka dan pemberian buku merupakan hal utama untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan bagi masyarakat terpencil.

Muammar Rais, pemimpin rombongan menyatakan kegiatan ini dapat membuka mata  pemerintah dan masyarakat Aceh bahwa masih ada masyarakat yang masih tertinggal baik di bagian pendidikan, kesehatan, insfrastruktur, dan lain sebagainya sehingga timbul rasa kepedulian.

“Besar harapan semua peserta agar ketertinggalan Pulo Aceh bisa teratasi dari ke hari karena semakin banyak yang berkontribusi akan semakin besar peluang desa untuk terus maju,”ujar Huriyaty, seorang peserta.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa